Kuis 6 Manajemen Data Statistika dan Analisis Data

1.     Anomali adalah proses pada basisdata yang memberikan efek samping yang tidak diharapkan (misalkan menyebabkan ketidak-konsistenan data atau membuat sesuatu data menjadi hilang ketika data lain dihapus)

·       Benar

·       Salah


2.     Penggabungan peubah baru (merging in new variables) mengharuskan amatan pada kedua tabel terurut berdasarkan ID

·       Benar

·       Salah


3.     Pada sebuah tabel yang berisi variabel: (1) Nomor Rekam Medis, (2) Nama Pasien, dan (3) Usia, ingin ditambahkan satu kolom yang berisi variabel Jenis Kelamin. Data variabel baru tersebut tersedia pada tabel lain yang memuat variabel (1) Nomor Rekam Medis, (2) Nama Pasien, dan (3) Jenis Kelamin. Penggabungan kedua tabel dapat menghasilkan kesalahan karena ada kemungkinan dua orang pasien memiliki nama yang sama.

·       Benar

·       Salah


4.     Anomali penyisipan terjadi apabila suatu baris yang tidak terpakai dihapus, dan sebagai akibatnya ada data lainnya yang hilang.

·       Benar

·       Salah


5.     Pada sebuah tabel yang berisi variabel: (1) NIM dan (2) Nama, ingin ditambahkan satu kolom baru yang berisi variabel TINGGI BADAN. Data variabel baru tersebut tersedia pada tabel lain yang memuat variabel (1) Nama dan (2) Tinggi Badan. Penggabungan kedua tabel dapat menghasilkan kesalahan karena ada kemungkinan dua orang mahasiswa memiliki tinggi badan yang sama.

·       Benar

·       Salah


6.     Pemfilteran data adalah proses memilih sebagian kecil dari kumpulan data dan menggunakan subset (bagian) tersebut untuk mengeksplorasi atau menganalisis pola data.

·       Benar

·       Salah


7.     Format Data merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kecepatan dan kemudahan prroses pencairan data.

·       Benar

·       Salah


8.     Untuk melakukan manajemen data, harus menggunakan Microsoft Excel

·       Benar

·       Salah


9.     Pada sebuah tabel yang berisi variabel: (1) Nomor Rekam Medis, (2) Nama Pasien dan (3) Usia, ingin ditambahkan satu kolom yang berisi variabel Jenis Kelamin. Data variabel baru tersebut tersedia pada tabel lain yang memuat variabel (1) Nomor Rekam Medis (2) Nama Pasien dan (3) Jenis Kelamin. Penggabungan kedua tabel dapat dilakukan menggunakan nama pasien sebagai variabel kunci.

·       Benar

·       Salah


10.  Pada proses agregasi data dengan lookup di excel kita membutuhkan kode unik dari data yang kita miliki.

·       Benar

·       Salah


11.  Manakah di antara function berikut yang tidak tersedia di Microsoft Excel untuk melakukan penggabungan data?

a.      LOOKUP

b.     HLOOKUP

c.      DLOOKUP

d.     VLOOKUP


12.  Berikut adalah permasalahan yang dihadapai dalam manajemen data, kecuali

a.     Entri Data yang konsisten

b.     Kesulitan mencari data dalam waktu singkat

c.      Data yang tersimpan memiliki sumber yang berbeda-beda

d.     Struktur data yang tidak terstandarisasi


13.  Opsi Sort dan Filter hadir di bawah tab Microsoft Excel mana?

a.      Data tab

b.     Page layout tab

c.      Insert tab

d.     Review tab


14.  Berikut ini adalah statistik yang bisa dikeluarkan pada pivot table, kecuali

a.      Persen baris

b.     Median

c.      Jumlah

d.     Minimum


15.  Masalah di bawah ini yang dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik filtering data adalah

a.     Guru Matematika di SMAN 1 Bogor ingin melihat nama-nama siswi perempuan yang tidak perlu mengikuti ujian remedial pada semester Genap 2021/2022

b.     Koordinator MK kimia ingin melihat nilai UTS terendah di setiap departemen pada mahasiswa PKU 2021

c.      Koordinator MK Fisika ingin mengetahui median nilai UTS mahasiswa PKU 2021

d.     Guru Matematika di SMAN 1 Bogor ingin melihat rata-rata di kelas 3 IPA 1


16.  Bagian HRD sebuah perusahaan memiliki 4 (empat) tabel yang masing-masing berisi informasi berikut. Tabel 1: Informasi karyawan baru yang memuat variabel: Nomor Induk Karyawan, Nama Karyawan, Tanggal Lahir, Tanggal Bergabung Menjadi Karyawan, Kantor Cabang Penempatan. Tabel 2: Informasi karyawan lama yang memuat variabel: Nomor Induk Karyawan, Nama Karyawan, Tanggal Lahir, Tanggal Bergabung Menjadi Karyawan, Kantor Cabang Penempatan. Tabel 3: Skor Kinerja seluruh karyawan yang memuat variabel: Nomor Induk Karyawan, Nama Karyawan, Skor Kinerja Karyawan. Tabel 4: Informasi karakteristik kantor cabang yang memuat variabel: Kantor Cabang, Nama Pimpinan Kantor Cabang, Alamat Kantor Cabang. Untuk mengetahui rata-rata skor kinerja karyawan setiap kantor cabang, data minimal yang diperlukan berasal dari:

a.      Gabungan Tabel 3 dan Tabel 4

b.     Gabungan seluruh tabel yang ada

c.      Tabel 3 saja

d.     Gabungan Tabel 1, Tabel 2, dan Tabel 3


17.  Pada suatu survey terdapat satu pertanyaan dalam kuisioner mengenai pendapatan setiap bulan. Jawaban dari pertanyaan tersebut ada 4 pilihan kategori yaitu 1 – 2 juta, 2 – 3 juta, 4 – 5 juta dan di atas 5 juta. Setelah survey seleseai dilakukanlah entri data dan ditemukan terdapat beberapa kuesioner yang tidak ada jawaban dari pertanyaan mengenai pendapatan tersebut. Apakah yang sebaiknya dilakukan dalam situasi seperti ini?

a.     Memberikan kode tertentu saat entri data untuk pertanyaan yang tidak ada jawaban

b.     Memaksa responden untuk menjawab pertanyaan tersebut

c.      Tidak melakukan entri data pada kuesioner yang tidak ada jawaban dari pertanyaan tersebut

d.     Semua jawaban benar


18.  Pada suatu survey terdapat satu pertanyaan dalam kuisioner mengenai pendapatan setiap bulan. Jawaban dari pertanyaan tersebut ada 4 pilihan kategori yaitu 1 – 2 juta, 2 – 3 juta, 4 – 5 juta dan di atas 5 juta. Setelah survey seleseai dilakukanlah entri data dan ditemukan terdapat beberapa kuesioner yang tidak ada jawaban dari pertanyaan mengenai pendapatan tersebut. Apakah yang sebaiknya dilakukan dalam situasi seperti ini?

a.     Memberikan kode tertentu saat entri data untuk pertanyaan yang tidak ada jawaban.

b.     Memaksa responden untuk menjawab pertanyaan tersebut

c.      Tidak melakukan entri data pada kuesioner yang tidak ada jawaban dari pertanyaan tersebut

d.     Semua jawaban benar


19.  Berikut ini adalah formula statistik yang bisa dikeluarkan pada pivot table, kecuali

a.      Rata-rata

b.     Total nilai

c.      Simpangan baku

d.     Median


20.  Bagian HRD sebuah perusahaan memiliki 4 (empat) tabel yang masing-masing berisi informasi berikut. Tabel 1: Informasi karyawan baru yang memuat variabel: Nomor Induk Karyawan, Nama Karyawan, Tanggal Lahir, Tanggal Bergabung Menjadi Karyawan, Kantor Cabang Penempatan. Tabel 2: Informasi karyawan lama yang memuat variabel: Nomor Induk Karyawan, Nama Karyawan, Tanggal Lahir, Tanggal Bergabung Menjadi Karyawan, Kantor Cabang Penempatan. Tabel 3: Skor Kinerja seluruh karyawan yang memuat variabel: Nomor Induk Karyawan, Nama Karyawan, Skor Kinerja Karyawan. Tabel 4: Informasi karakteristik kantor cabang yang memuat variabel: Kantor Cabang, Nama Pimpinan Kantor Cabang, Alamat Kantor Cabang. Untuk mengetahui

a.      Seluruh tabel yang ada

b.     Tabel 1, Tabel 2, dan Tabel 3

c.      Tabel 3 dan Tabel 4

d.     Tabel 3 saja

Comments

Popular Posts