Latihan Kuis & Kelebihan - Kekurangan Metode Pengumpulan Data
Kuis Metode Pengumpulan Data
1.
Rancangan
lingkungan yang dapat digunakan apabila unit-unit percobaan yang digunakan
dalam suatu percobaan tidak homogen adalah:
·
Rancangan
Acak Lengkap
· Rancangan Acak Kelompok
Lengkap
·
Rancangan
Faktor Tunggal
·
Rancangan
Faktorial
2.
Pernyataan
berikut yang relevan dengan penerapan Rancangan Acak Kelompok Lengkap adalah
·
Blok
harus dibangun tegak lurus dengan arah keragaman
· Semua Benar
·
Unit-unit
percobaan yanng dilibatkan dalam suatu percobaan tidak homogen
·
Setiap
perlakuan harus ada dalam suatu blok
3.
Banyaknya
perlakuan yang diterapkan suatu percobaa yaitu 8 perlakuan, dengan ulangan
setiap perlakuan 5. Jika rancangan yang digunakan adalah faktor tunggal RAL,
maka pernyataan yang benar adalah…
·
Tidak
ada pilihan jawaban benar
· Derajat bebas perlakuan 7 dan
derajat bebas galat 28
· Derajat bebas perlakuan 7
dan derajat bebas galat 32
· Derajat bebas perlakuan 7 dan
derajat bebas galat 12
4.
Hipotesis
nol yang sesuai tentang pengaruh perlakuan dalam rancangan percobaan faktor
tunggal RAL adalah
·
Semua
benar
·
Perlakuan
tidak berpengaruh terhadap respon
· Semua pengaruh perlakuan
sama dengan nol
·
Rata-rata
respon dari semua perlakuan sama
5.
Dari
hasil analisis ragam percobaan Faktor Tunggal RAL diperoleh sebagai berikut:
Ragam galat percobaan 5. Manakah pernyataan-pernyataan berikut yang benar
tentang galat percobaan.
Perlakuan |
P1 |
P2 |
P3 |
P4 |
Rata-rata
respon |
5,2 |
7,5 |
5,6 |
8,0 |
Ulangan |
5 |
5 |
5 |
5 |
· Dbgalat = 16 dan JKG = 80
·
JKG
= 100 dan KTG = 5
·
Dbgalat
= 15 dan KTG = 5
·
Dbgalat
= 16 dan JKG = 400
6.
Seorang
peneliti melakukan percobaan dengan menggunakan percobaan faktor tunggal RAKL.
Perlakuan yang dicobakan yaitu dosis pemupukan (0 kg/ha, 100 kg/ha, 200 kg/ha,
300 kg/ha), degan ulangan 3 kali dalam blok yang berbeda. Hasilnya diperoleh
sebagai berikut: JKP = 0,790; JKB = 0,212; dan JKT = 1,057.
Berdasarkan
informasi hasil dari percobaan tersebut, besarnya derajat bebas galat dan
keragaman galat percobaan adalah
·
Derajat
bebas galat 6 dan ragam galat percobaan 0,009167
·
Derajat
bebas galat 6 dan ragam galat 0,006875
· Derajat bebas galat 8 dan
ragam galat percobaan 0,006875
·
Derajat
bebas galat 3 dan ragam galat percobaan 0,018333
7.
Suatu
percobaan ingin membandingkan daya produksi dari 4 macam varietas padi di
daerah Tugurejo. Ulangan yang diberikan 5 kali. Ukuran petak (plot) 5 m x 10 m
bruto, netto 4 m x 8 m. Percobaan dilaksanakan dengan Rancangan Acak Lengkap.
Hasil yang tercantum adalah produksi padi dalam kw/ha sebagaimana dalam tabel
berikut. Tentukan satuan percobaan yang digunakan!
· Tiap varietas padi
·
Tanaman
padi
·
Petak
lahan
·
Kw/ha
8.
Suatu
percobaan ingin mebandingkan daya produksi dari 4 macam varietas padi di daerah
Tugurejo. Ulangan yang diberikan 5 kali. Ukuran petak (plot) 5 m x 10 m bruto,
netto 4 m x 8 m. Percobaan dilaksanakan dengan Rancangan Acak Lengkap. Hasil
yang tercantum adalah produksi padi dalam kw/ha sebagaimana dalam tabel
berikut. Tentukan rancangan perlakuan yang digunakan
·
Faktorial
·
Faktor
tunggal
· RAL
·
RAK
9.
Berikut
adalah termasuk rancangan pengendalian lingkungan…
·
Rancangan
faktorial
· Rancangan acak kelompok
·
Rancangan
split plot
·
Rancangan
respon
10. Salah satu tujuan dari pengacakan
adalah
·
Antar
pengamatan tidak saling bebas
·
Memperbesar
galat percobaan
· Menghindari galat
sistematik
·
Menjamin
bahwa keragaman datanya kecil
11. Local control dilakukan apabila terdapat kondisi
yanng tidak seragam pada
·
Respon
· Satuan percobaan
·
Faktor
·
Satuan
pengamatan
12. Misalkan pada suatu percobaan
faktor tunggal dalam rancangan acak lengkap dimana r adalah banyaknya ulangan
dan t adalah banyaknya perlakuan, maka minimal banyaknya ulangan adalah
·
6
·
5
·
4
· 3
13. Pernyataan yang benar mengenai
error/ galat/ sesatan eksperimen adalah
· Variabel di luar faktor
yang tidak dapat dikendalikan oleh peneliti
·
Variabel
bebas yang mempengaruhi proses
·
Variabel
tak bebas sebagai akibat dari proses yang terjadi
·
Variabel
di luar faktor yang dapat dikendalikan oleh peneliti
14. Misalkan berdasarkan penelitian
sebelumnya diketahui bahwa σ
= 1, berapakah ulangan yang diperlukan jika selisih maskdimal (δ) sbeesar 2? (α
= 5%, β = 10%)
·
9
·
8
·
6
· 7
15. Seorang peneliti ingin melihat
pengaruh jenis pakan terhadap produktivitas ikan yang diukur dalam bobot ikan.
Terdapat empat jenis pakan yaitu pakan A, pakan B, pakan C, dan pakan D. Masing-masing
jenis pakan ditebar pada satu kolam yang masing-masing ditebar 100 ekor benih
ikan. Sedangkan faktor lain di luar jenis pakan dikondisikan sama. Perlakuan
dalam percobaan ini adalah
·
Kolam
dengan 100 ekor benih
·
Benih
ikan
·
Jenis
pakan
· Pakan A, pakan B, pakan
C, dan pakan D
16. Balai karantina ingin mengetahui
pengaruh pemberian fumigasi dengan berbagai dosis (0, 16, 32, 48, 62; g/m3)
dengan lama fumigasi 2 jam, dan ulangan 4 kali terhadapa daya kecambah benih
tomat. Metode pengecambahan yang digunakan adalah Growing on Test. Unit
percobaan yang diasumsikan homogen. Faktor yang dicobakan dalam penelitian
tersebut adalah?
· Pemberian fumigasi
·
Daya
kecambah benih tomat
·
Lama
fumigasi
· Growing on test
Perhatikan
kasus dan tabel berikutt!
Balai
karantina ingin mengetahui pengaruh pemberian fumigasi dengan berbagai dosis
(0, 16, 32, 48, 62; g/m3) dengan lama fumigasi 2 jam, dan ulangan 4
kali terhadap daya kecambah benih Tomat. Metode pengecambahan yang digunakan
adalah Growing on Test. Unit percobaan yang digunakan diasumsikan
homogen. Tabel anova ini digunakan untuk soal no 17-25.
17. Besarnya derajat bebas perlakuan
adalah
SK |
db |
JK |
KT |
F
hit |
F
tab |
Perlakuan
|
(no
17) |
(no
20) |
(no
22) |
(no
23) |
(no
24) |
Galat |
(no
18) |
(no
21) |
8,8889 |
|
|
Total |
(no
19) |
4131,733 |
|
|
|
·
2
·
1
· 4
·
3
18. Besarnya derajat bebas galat adalah
·
16
· 15
·
17
·
14
19. Besarnya derajat bebas total adalah
· 19
·
17
·
18
·
16
20. Besarnya jumlah kuadrat perlakuan
adalah
·
3856,063
· 3926,313
·
3974,233
·
3998,4
21. Besarnya jumlah kuadrat galat
adalah
·
157,5
· 205,42
·
266,67
·
133,33
22. Besarnya kuadrat tengah perlakuan
adalah
·
966,266
·
999,6
· 993,558
·
981,578
23. Besarnya F hitung adalah
·
108,705
· 111,775
·
110,428
·
112,455
24. Besarnya F tabel adalah
·
0,171
·
0,172
·
2,859
· 3,056
25. Kesimpulan yang dapat diambil pada
kasus di atas adalah
·
F
hit > F tabel, maka tolak H0 atau terdapat cukup bukti untuk menyatakan
bahwa pemberian fumigasi berpengaruh terhadap daya kecambah tomat pada taraf
nyata 10%
·
F
hit > F tabel, maka tak tolah H0 atau tidak cukup bukti untuk menyatakan
bahwa pemberian fumigasi berpengaruh terhadap kecambah tomat pada taraf nyata
10%
· F hit > F tabel, maka
tolak H0 atau terdapat cukup bukti untuk menyatkan bahwa pemberian fumigasi
berpengaruh terhadap daya kecambah tomat pada taraf nyata 5%
·
F
hit > F tabel, maka tak tolak H0 atau tidak cukup bukti untuk menyatakan
bahwa pemberian fumigasi berpengaruh terhadap daya kecambah tomat pada taraf
nyata 5%
Perhatikan
data di bawah ini untuk nomor 26 dan 27
26. Besarnya F hitung untuk perlakuan
adalah
Kombinasi Pemupukan |
Kelompok |
∑
yi. |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
Z |
27,7 |
33 |
26,3 |
37,7 |
124,7 |
PK |
36,6 |
33,8 |
27 |
39 |
136,4 |
N |
37,4 |
41,2 |
45,4 |
44,6 |
168,6 |
∑
y.j |
101,7 |
108 |
98,7 |
121,3 |
429,7 |
· 3,58
·
3,59
·
3,85
·
3,95
27. Besarnya F hitung untuk kelompok
adalah
· 0,5
·
0,3
·
0,6
·
0,4
28. Seorang petani gandum memiliki enam
varietas gandum yaitu gandum varietas Nias, varietas Timor, varietas Selayar,
varietas Dewata, varietas Ganesha, dan varietas Guri. Namun petani mengalami
kesulitan dikarenakan beberapa minggu belakangan, beberapa pelepah daun
gandumnya muncul bercak berwarna kemerahan kemudian menjadi kelabu dan semakin
meluas. Setelah diselidiki ternyata tanaman gandum petani tersebut kekuarangan
air. Petani pun memutuskan untuk membuat parit aliran air di sebelah lahan
sawah yang dimiliki. Parit tersebut berukuran 1 meter dan membentang sepanjang
lahan milik petani. Percobaan dilakukan menggunakan seluruh varietas gandum
yang dimiliki petani. Dilakukan di lapangan percobaan dengan tiga kelompok
jarak petak terhadap sumber air untuk masing-masing varietas gandum yang
meliputi varietas Nias (Ni), varietas Timor (Ti), varietas Selayar (Se),
varietas Dewata (De), varietas Ganesha (Ga) dan varietas Guri (Gu). Derajat
bebas galat pada penelitian ini adalah
· 6
·
12
·
10
·
18
29. Seorang pemulia ingin mengetahui
tingkat resistensi 7 varietas gandum terhadap serangan suatu jamur.
Masing-masing varietas ditanam pada 4 pot yang berbeda. Sehingga secara total
terdapat 28 pot. Diketahui pula jumlah kuadrat galatnya sebesar 100. F hitung
pada kasus ini adalah 10,72 dengan F tabel sebesar 3,58. Pemulia tersebut ingin
membandingkan resistensi ketujuh varietas tersebut. Perbandingan tersebut
menunjukkan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Nilai dari statistik ujinya adalah…
· 7,35
·
3,21
·
9,91
·
9,90
30. Suatu percobaan dilakukan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh penambahan pupuk terhadap pertumbuhan padi.
Perlakuan yang dicobakan adalah: (1) tidak ada penambahan pupuk, (2)
ditambahkan 2 kg pupuk A, (3) ditambahkan 2 kg pupuk B, (4) ditambahkan 1 kg pupuk
A dan 1 kg pupuk B. Percobaan dilakukan pada tiga tipe tanah yang berbeda.
Hasil pengujian ANOVA didapatkan bahwa pada pengaruh perlakuan, karena FHIT =
18.43 > F0.05(3,6) = 4.757 maka tolak H0, perlakuan mempunyai pengaruh yang
nyata pada rata-rata respon. Sedangkan pada pengaruh kelompok: Karena Fhit =
40.20 > F0.05(2,6) = 5.143 maka tolak H0, kelompok mempunyai pengaruh yang
nyata pada rata-rata respon. Karena hasil analisis ragam menunjukkan tolak H0,
peneliti selanjutnya ingin membuat perbandingan terencana. Peneliti tersebut
ingin membandingkan padi yang tidak diberi pupuk dengan padi yang diberi pupuk.
Uji lanjut yang dilakukan adalah kontras orthogonal. Berdasarkan informasi di
atas, koefisien kontras yang bermakna adalah
·
2
–1 0 –1
·
3
–1 –1 –1
·
1 1 –1 –1
·
1
1 1 1
Kelebihan
dan Kekurangan Metode Pengumpulan Data
Sebutkan perbandingan kelemahan dan
kelebihan setiap metode pengumpulan data tersebut
Cara pengumpulan data
1. Personal
interviews (wawancara langsung)
Kelebihan
·
Memberikan
kesempatan kepada pewawancara untuk memotivasi orang yang diwawancarai untuk
menjawab dengan bebas dan terbuka terhadap pertanyaan-pertayaan yang diajukan
·
Memungkinkan
pewawancara untuk mengajukan banyak pertanyaan yang memerlukan waktu yang
panjang
·
Memungkinkan
pewawancara untuk mengembangkan pertanyaan-pertaanyaan sesuai dengan situasi
yang berkembang
·
Pewawancara
dapat menanyakan kegiatan-kegiatan khusus yang tidak selalu terjadi
·
Memungkinkan
pewawancara untuk memahami kompleksitas masalah dan menjelaskan maksud
penelitian kepada responden
·
Pewawancara
dapat menilai kebenara jawaban yang diberikan dari gerak-gerik dan raut wajah
orang yang diwawancarai
·
Fleksibel,
pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan masing-masing individu
·
Partisipasi
responden lebih tinggi dibanding teknik kuesioner
Kelemahan
·
Proses
wawancara membutuhkan waktu yang lama, sehingga relatif mahal dibandingkan
teknik lainnya
·
Memerlukan
banyak biaya dan tenaga jika jumlah responden relatif banyak dan lokasi
wawancara secara geografis terpencar
·
Wawancara
tidak selalu tepat untuk kondisi-kondisi tempat tertentu, misalnya di
lokasi-lokasi yang ribut dan ramai
·
Wawancara
sangat mengganggu kerja dari orang yang diwawancarai bila waktu yang
dimilikinya sangat terbatas
·
Kemungkinan
jawaban responden bias karena terpengaruh pewawancara
·
Ada
kemungkinan responden hanya memberikan jawaban yang ingin didengar oleh
pewawancara
2. Telephone
interviews (wawancara melalui telepon)
Kelebihan
·
Dapat
menjangkau responden yang letak geografinya terpencar
·
Biaya
lebih murah dan tenaga yang diperlukan relatif sedikit serta waktu yang
diperlukan relatif lebih cepat
·
Memungkinkan
menghubungi responden dalam jumlah besar
·
Dapat
dilakukan dalam waktu fleksibel
·
Responden
merasa lebih mudah dalam berkomunikasi
Kelemahan
·
Pewawancara
tidak dapat mengamati ekspresi responden yang pada kondisi tertentu diperlukan
untuk meyakinkan apakah responden menjawab sesuai dengan fakta
·
Ada
kemungkinan diputuskan sewaktu-waktu jika responden keberatan untuk menjawab
pertanyaan
·
Tidak
semua responden mempunyai telepon
·
Terbatasnya
jumlah dan waktu untuk mengajukan pertanyaan
·
Mengganggu
hak kerahasiaan seseorang
3. Self-administered
questionnaires (kuesioner)
Kelebihan
·
Tidak
memerlukan hadirnya pewawancara
·
Dapat
dibagikan secara serentak kepada responden
·
Efisien
dalam penggunaan waktu pengumpulan data serta dapat menjangkau responden dalam
jumlah banyak
·
Responden
dapat lebih leluasa menjawab sesuai keadaannya tanpa dipengaruhi orang lain
·
Dapat
dijawab oleh responden menurut kecepatannya masing-masing menurut waktu
senggang seseorang
·
Dapat
dibuat anonim sehingga responden bebas, jujur dan tidak malu-malu menjawab
·
Dapat
dibuat berstandar sehingga semua responden dapat diberi pertanyaan yang sama
Kelemahan
·
Apabila
penelitian membutuhkan reaksi yang sifatnya spontan, dengan metode kuisioner
kurang tepat
·
Jawaban
yang diberikan responden akan terpengaruh oleh keadaan global dari pertanyaan.
Sangat mungkin jawaban yang sudah diberikan sebelumnya secara spontan dapat
berubah setelah melihat pertanyaan lain
·
Kurang
fleksibel, responden terlalu dibatas pada jawaban-jawaban tertentu untuk
kuisioner tertutup
·
Memungkinkan
jawaban responden tidak sesuai dengan konteks pertanyaan untuk kuisioner
terbuka
·
Responden
terkadang tidak menjawab apa adanya tetapi apa sebaiknya
·
Walaupun
dapat dibuat anonim, kadang-kadang responden sengaja memberikan jawaban yang
tidak betul atau tidak jujur
·
Karena
waktu pengembaliannya tidak sama, menyebabkan ada yang terlalu lama sehingga
terlambat
·
Seringkali
sukar dicari validitasnya
4. Direct
observation (observasi langsung)
Kelebihan
·
Memungkinkan
peneliti memperoleh data tentang hal-hal yang karena berbagai sebab tidak
diungkapkan oleh subjek penelitian secara terbuka dalam penelitian
·
Memungkinkan
peneliti untuk mengumpulkan data mengenai perilaku dan kejadian secara detail
·
Data
yang dikumpulkan melalui observasi cenderung mempunyai keandalan yang tinggi.
Kadang observasi dilakukan untuk mengecek validitas dari data yang telah
diperoleh sebelumnya
·
Dapat
melihat langsung apa yang sedang dikerjakan informan, pekerjaan-pekerjaan yang
rumit terkadang sulit untuk diterangkan
·
Dapat
menggambarkan lingkungan fisik dari kegiatan-kegiatan, misalnya tata letak
peralatan, penerangan, gangguan suara dan lain-lain
·
Memungkinkan
peneliti melihat hal-hal yang oleh subjek penelitian sendiri kurang dipahami
·
Memungkinkan
pencatatan yang serempak dengan terjadinya suatu gejala
·
Tdak
tergantung pada self-report
·
Peneliti
akan mendapatkan pemahaman lebih baik tentang konteks dalam hal yang diteliti
atau terjadi
·
Observasi
memungkinkan peneliti untuk bersikap terbuka, berorientasi pada penemuan dari
pada pembuktian dan mempertahankan pilihan untuk mendekati masalah secara
induktif
·
Observasi
memungkinkan peneliti merefleksikan dan bersikap introspektik terhadap
penelitian yang dilakukan. Impresi dan perasan pengamatan akan menjadi bagian
dari data yang pada gilirannya dapat dimanfaatkan untuk memahami fenomena yang
diteliti
Kelemahan
·
Banyak
data pribadi yang tidak terungkap, misalnya kehidupan pribadi yang rahasia
·
Memungkinkan
terjadinya ketidak-wajaran apaliba yang diobservasi mengetahui bahwa dirinya
sedang diobservasi
·
Observasi
banyak tergantung dari faktor yang tidak terkontrol
·
Subjektivitas
observer sukar terhindarkan
·
Risiko
adanya gangguan tidak terduga
Comments
Post a Comment